Cari Blog Ini

Minggu, 27 November 2011

Artikel Sumber Daya Manusia Mengenai Wirausaha Perencanaan Perekrutan Tenaga Kerja


Apa yang dimaksud dengan wirausaha itu?
Definisi dari,Wirausaha adalah dimana orang yang siap mengambil resiko dengan jalan membeli barang saat ini kemudian  menjualnya kembali dengan harga yang tidak sama pada saat membeli barang pada awal membeli
Dalam bidang perdagangan setiap wirausahawan pasti memerlukan perencanaan kerja dan perekrutan tenaga kerja. Mengapa demikian? Hal tersebut digunakan agar perusahaan yang dibuat dapat dikembangkan dengan baik. Wirausahawan harus memiliki perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Terutama bagi mahasiswa yang mau merintis sebagai wirausahawan
Berikut alur perencanaan  dan perekrutan tenaga kerja :
Membuat jangka waktu kontrak kerja dengan karyawan tetap dengan karwanan non-tetap. Ini sangat penting, karena sebelum menjadi karyawan tetap, maka wirausahawan harus memberikan pelatihan-pelatihan khusus, agar  tidak merugikan perusahaan.
Prosedur perekrutan yang mampu memberikan informasi mengenai pelamar yang memiliki potensi dan kemampuan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.
Menyimpan dan menangani data pelamar yang tidak sesuai untuk suatu lowongan pekerjaan pada saat tertentu, namun memungkinkan untuk ditempatkan pada lowongan pekerjaan lainnya di masa yang akan datang.
Alur Proses wirausaha perusahaan
Proses-proses yang terdapat di sistem Manajemen Perekrutan mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja hingga penerimaan karyawan baru adalah sebagai berikut:

1. Alur Proses Manajemen Perekrutan
Proses bisnis Manajemen Perekrutan menjelaskan mengenai proses pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja (man power planning), pendataan dan penyeleksian pelamar hingga penempatan kandidat tersebut ke unit yang membutuhkan.

2. Pendataan pelamar meliputi data pelamar (personal data), data aplikasi (application data), data tambahan/additional data (pendidikan/education, riwayat pekerjaan/work experiences, kualifikasi/qualification, dan lain-lain) hingga penilaian (appraisal) pelamar.

3. Proses-proses dalam recruitment management terdiri atas:
• Perencanaan kebutuhan tenaga kerja untuk suatu periode tertentu.
• Pembuatan lowongan kerja.
• Seleksi pelamar eksternal.
• Perpanjangan kontrak karyawan non-tetap.
• Seleksi pelamar internal.

2 komentar: